Selasa, 24 April 2012

CARA MENGGUNAKAN SHIFT GEAR SEPEDA


Sepeda. sekarang siapa sih yang belum punya sepeda? sekarang sepeda selain dijadikan sebagai sarana berolah raga tidak jarang juga sepeda dijadikan sebagai saran transportasi yang irit dan ramah lingkungan. Ada banyak jenis sepeda seperti Fixie, ontel, BMX, dll  namun sebagian besar orang menggunakan sepeda gunung atau Mountain Bike atau bahasa mudahnya sepeda gigi, karena memiliki gigi-gigi yang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan. namun sebagian besar pengguna sepeda tidak tau cara menggunakan gigi sepedanya, kebanyakan menggunakannya sesuka hati. kan kasian punya sepeda bagus dan mahal, tapi posisi giginya salah dan dapat memperpendek umur rantai (ini tipikal orang yang beli sepeda gunung cuma buat pamer). oleh karena itu lahirlah Blog ini dengan tujuan mengurangi penindasan terhadap sepeda gunung yang dilakukan oleh majikannya karena tidak digunakan secara maksimal malah secara sal ah.. :o nah dalam tulisan ini saya akan mengajari anda bagaimana cara menggunakan gigi sepeda secara benar sesuai kebutuhan. selamat mempelajari.. :)






Nah sebelum memulai alangkah baiknya kita mengenali dulu gigi sepeda kita. gigi sepeda kita memiliki bermacam-macam tingkat. ada yang 21 speed, 22 speed, bahkan ada yang 27 speed. tingkatan kecepatan tersebut berasal dari jumlah gigi depan (pedal/dayung) dikalikan dengan jumlah gigi belakang yang jumlahnya ada yang 7,8 dan 9 gigi. pertama-tama kita kenali duku gigi depan atau gigi yang berada dipedal dayung sepeda kita.


Ini adalah adjuster atau pengatur gigi depan yang kebanyakan terdiri dari 3 tingkatan.  
              


Adjuster atau Shifter gigi belakang yang bervariasi antara 1-7, 1-9


Mari kita tinjau masing-masing tingkatan:


•          Gigi depan posisi 1. adalah posisi rantai berada pada gigi yang paling kecil, fungsinya yaitu untuk jalan menanjak atau sedang membawa beban yang lumayan berat. gigi ini untuk membantu pengendara melewati tanjakan tanpa harus turun dari sepedanya.


Gigi depan posisi 1, gunanya untuk jalan menanjak.



•          Gigi depan posisi 2, dimana rantai berada pada posisi gigi tengah. gunanya untuk berkendara santai. cocok untuk goeser yang suka jalan-jalan atau goeser yang tidak kuat mendayung.


Posisi gigi depan tingkat 2. cocok untuk jalan santai.





•          Posisi gigi depan tingkat 3, posisi rantai berada pada gigi depan yang berukuran paling besar. dayungan menjadi lebih berat. digunakan untuk ngebut. biasanya orang-orang yang mengerti pemakaian gigi akan menggunakan gigi ini dijalan menurun untuk meringankan beban saat mendayung. sepeda dengan tingkat kecepatan 22 atau 27 speed jika gigi ini dipadukan dengan gigi belakang yang tepat membuat sepeda dapat melaju hingga 60 Kilometer per jam lho!.. ;O

Posisi gigi depan tingkat 3. digunakan untuk kecepatan tinggi namun dengan beban mendayung yang lebih berat.



cara memindahkan gigi depan adalah, dari gigi 1 sampai 3, dayung sepeda dengan cepat namun dengan tidak terlalu bertenaga, lalu dengan cepat dan kuat anda tekan atau putar pengatur gigi depan ke posisi 2 atau 3, kalau tidak cepat dan kuat rantai akan bergesekan dengan gigi. untuk menurunkan ke gigi kecil dapat langsung diadjust saja tanpa harus mengurangi tenaga dayungan.

nah setelah kita mengenal fungsi gigi depan, sekarang kita telusuri kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan goeser terhadap gigi sepedanya.



posisi gigi yang salah:


Ini adalah posisi gigi yang salah dimana posisi rantai bagian depan berada pada gigi 1 dan rantai belakang berada pada gigi belakang posisi 7

Posisi gigi salah kedua. dimana posisi rantai depan berada pada gigi 3 (terbesar) dan rantai belakang juga pada posisi terbesar (gigi 1)
berikutnya adalah posisi rantai depan pada gigi tengah atau gigi 2 dan gigi rantai belakang pada posisi diatas 3 atau 4. kesalahan posisi gigi ini terletak pada hubungan rantai belakang dan depan yang menjadi tidak sejajar/segaris (lihat gambar). hal ini dapat menyebabkan rantai akan dimakan atau dikikis oleh roda gigi, jika digunakan secara berkesinambungan pada posisi ini dapat memperpendek bahkan merusak gigi dan rantai.

Lalu posisi gigi yang benar gimana donk?

gambar dibawah ini adalah posisi gigi yang benar:


contoh posisi gigi yang benar
anda bisa lihat pada gambar, itu adalah contoh posisi gigi yang benar dimana rantai sejajar antara gigi belakang dengan gigi depan, posisi gigi diatas adalah kombinasi gigi depan tingkat 2 (tengah) dan gigi belakang posisi 3 dimana ini adalah gigi yang paling cocok untuk bersepada santai. dibawah ini akan saya berikan kombinasi gigi rantai yang benar:

•          Gigi depan posisi 1 = gigi belakang posisi 1,2,3 (untuk jalan menanjak)
•          Gigi depan posisi 2 = gigi belakang posisi 1,2,3,4 (untuk jalan-jalan santai)
•          Gigi depan posisi 3 = gigi belakang posisi 4,5,6,7 dst (untuk kecepatan tinggi)
Pada intinya, posisi rantai haruslah sejajar antara depan dan belakang seperti kombinasi yang sudah saya terangkan diatas. kombinasi gigi yang benar dapat memaksimalkan fungsi sepeda dan dapat memperpanjang umur sepeda kita.. semoga membantu.. :)


2 komentar:

  1. yupz...akhirnya nemu blog yg saya gampang cerna n pahami.
    thx berat ya....

    BalasHapus
  2. makasih infonya gan,sangat bermanfaat.

    BalasHapus